Saturday, December 1, 2012

Kerusakan pada Hard Disk

Gambar Harddisk
Secara umum, harddisk apapun mereknya dapat rusak! yang akan mengakibatkan potensi hilangnya data, Kerusakan ini biasanya terjadi karena: Firmware Rusak atau Zona firmware tidak dikenali, Kerusakan pada komponen elektronik yang di akibatkan oleh konsleting, Kegagalan mekanis atau rusak secara fisik, Kerusakan Logikal atau kerusakan program.
    Data-data yang ada pada hard disk dapat dipulihkan atau tidak tergantung kondisi harddisk dan seberapa buruk kerusakannya. Perlu diketahui bahwa seiring waktu, semua harddisk akan mengembangkan pembacaan. Pembacaan sector/cluster yang buruk dapat mengakibatkan data yang ada menjadi hilang atau rusak.
    1. Firmware Korup / Rusak firmware.
      Penjelasan : Harddisk firmware adalah perangkat lunak yang berupa kode kontrol, dan sudah tertanam dalam fisik harddisk. Jika firmware dari harddisk menjadi rusak atau tidak terbaca oleh komputer. Hal ini menyebabkan komputer tidak dapat berinteraksi dengan baik dengan hard disk. Data yang ada pada harddisk dapat diselamatkan kembali setelah drive telah diperbaiki dan Firmware diprogram ulang.   
    2. Cara mendiagnosa Common Gejala :
      • Harddisk yang akan dipakai, langsung meminta F1, ada pesan “Primary Master/Secondary Master Error. Press Any Key”. Karena sudah tidak dikenal oleh BIOS komputer
      • Hard disk yang akan spin up & saat booting dapat dikenali oleh BIOS komputer tanpa ada pesan error, tetapi kemudian tidak terdeteksi oleh system.
      Tindakan anda untuk Penyelamatan Data
      • Memulihkan data dari hard drive dengan kerusakan firmware level berat menyebabkan kegagalan pengenalan BIOS komputer sehingga memerlukan pemograman ulang untuk manipulasi harddisk. Ini tidak mungkin bagi sebagian orang melakukannya, toko komputer sekalipun tidak dapat melakukan ini. Diperlukan pengalaman dan keahlian khusus untuk melakukannya. Hal ini biasa terjadi pada harddisk Maxtor, Western Digital hard disk drive, Fujitsu hard disk drive. Informasi lebih lanjut tentang apa harddisk firmware sebenarnya adalah bagaimana cara kerja dan Apa penyebab kerusakan firmware. Salah satu penyebab kerusakan pada firmware adalah terjadi pada zona drive modern. Salah satunya adalah penggunaan teknologi peluru (fire ball). Pada hard disk ber-merk Maxtor, kegagalan dari jenis ini akan menyebabkan drive tiba-tiba mati dan tidak diakui oleh BIOS komputer. BIOS akan membaca kegagalan sebagai Maxtor Athena, ARES C64, N40P, dan lain-lain dengan suara agak aneh. Kemudian muncul tulisan Primary/Sekundary Master Failure.
    3. Kegagalan pada sirkuit elektronik
      Penjelasan: Kegagalan sirkuit elektronik, biasanya berkaitan dengan masalah pada jalur rangkaian elektronik harddisk. Kerusakan sering terjadi pada komponen dioda zener, dioda kristal, kapasitor keramik, kapasitor elco, kristal frekuensi, panel data, bahkan rangkaian IC/Chip hard disk komputer yang menderita spike kejutan arus/tegangan listrik akan mengakibatkan koslet/terbakar pada rangkaian elektronik. Sehingga tidak dikenal lagi oleh BIOS. Umumnya disebabkan tegangan listrik (AC) atau arus listrik (Amper) yang tidak stabil masuk ke hard disk.
      Cara mendiagnosa dengan gejala-gejala :
      • Piringan hard disk tiba-tiba berputar-putar tidak stabil.
      • Atau hard disk tiba-tiba mati & tidak dikenal lagi oleh komputer.
      Hal ini terjadi hampir pada semua merek harddisk. Untuk harddisk model SATA sangat rentan terhadap kerusakan akibat kejutan listrik yang tiba-tiba!!! Sehingga menyebabkan salah satu chip/komponen pada kontroller di board (di dalam/luar ikut rusak/terbakar. Biasanya, data-data pada hard disk tidak menderita kerusakan. Tetapi tidak jarang justru ikut rusak juga. Dan pemulihan data 80-100% adalah mungkin. Jika anda tidak memiliki pengalaman, atau pengetahuan ilmu elektonika arus lemah. Jangan coba-coba diutak-atik. Justru data-data penting didalamnya akan rusak alias tidak dapat diselamatkan lagi! Sebaiknya serahkan pada yang benar-benar ahli dan berpengalaman.
    4. Kerusakan mekanis/mekanik hard disk (motor, drive head, spool magnetik, kontroler disk, dll.)
      Teknologi pembacaan harddisk yang semakin cepat menyebabkan mekanik harddisk akan terus berubah dan berkembang! Semakin cepat pembacaan data pada piringan harddisk, semakin cepat pula resiko akan rusaknya mekanik harddisk. Seperti halnya teknologi harddisk SATA yang sangat cepat pembacaan datanya, pola mekanisnya akan terus berubah, umumnya semakin tidak tahan goncangan atau panas dan mudah berubah.
      Kegagalan mekanis dan cara mendiagnosa:
      • Pada saat power komputer dinyalakan, harddisk akan segera mulai membuat bunyi ticking / knocking down secara teratur, seperti suara benda jatuh.
      Cara Pemulihan :
      • Memulihkan atau menyelamatkan data-data dari harddisk dengan kerusakan mekanik harus di lakukan di ruangan/kamar yang bersih.
      • Sebagian komponen harddisk harus diperbaiki dengan tingkat ketelitian yang tinggi.
      • Juga memerlukan alat bantu khusus dalam membongkar, pasang ulang dan memperbaiki mekanik hard disk.
      • Diperlukan software sangat khusus dalam memperbaikinya.
      • Peringatan Keras! Jangan tergoda untuk membuka harddisk anda jika mencurigai adanya kesalahan atau kerusakn mekanis! Yang akan terjadi mungkin anda akan melakukan kesalahan tertentu. Bisa fatal akibatnya! Anda akan menghancurkan semua kesempatan dalam memulihkan atau menyelamatkan data anda.
    5. Kerusakan/kegagalan Logical hard disk.
      Untuk menangani masalah-masalah seperti ini adalah hal yang mudah tapi juga sulit (gampang-gampang susah). Kesalahan logikal hard dsik dapat mulai dari hal-hal sederhana. Misalnya adalah kerusakan pada MBR, FAT dan track O. Terjadi karena proses pembacaan harddisk yang berantakan. Umumnya disebabkan virus. Untuk memperbaikinya diperlukan program khusus/software maupun hardware, yang benar-benar dapat mengingat lagi pembacaan head harddisk dengan benar. Jika salah penggunaan tools tertentu, apalagi yang didapat/download gratisan, hal ini justru akan merusak data-data yang ada pada harddisk! jadi Jangan ceroboh. Sebaiknya konsultasikan pada pakarnya. Ada satu kasus; Sebuah hard disk terserang virus tertuntu. Sehingga logical partisinya tidak dikenal. Karena penasaran, lalu dicoba memakai beberapa program gratisan untuk memperbaikinya. Ternyata hasilnya logical/partisi drive sudah benar diperbaiki. Yang jadi masalah justru data-data di dalamnya rusak fatal! Data – data di dalamnya, semua tidak dapat dibuka, muncul tulisan aneh. Dan sangat sulit memperbaiki data-datanya lagi! Harap berhati-hati.
    Semoga bermanfaat.....

    3 comments:

    1. Andaikan muncul layanan servis online....
      maka permasalahan dan kerusakan fatal terkurangi...
      (mungkin)

      ReplyDelete
    2. Andaikan muncul layanan servis online....
      maka permasalahan dan kerusakan fatal terkurangi...
      (mungkin)

      ReplyDelete
    3. Bagi teman - teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
      bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer. ini
      Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
      Hub : 031 72357968/081330029001

      http://www.ertechcomputer.blogspot.com

      Disini memang spesialisnya HARDDISK. masalah harga bisa di nego,
      Trims ertech berkat ertechcom
      Semoga sukses.....teman2…!!

      ReplyDelete